proses produksi secara umum adalah suatu kegiatan mentransformasikan input  menjadi output. Dalam bahasa lain, proses produksi adalah menambah nilai guna suatu produk. Proses tersebut dimulai dari bahan baku – barang setengah jadi – barang jadi. 

Bahan baku adalah semua bahan yang didapat dari sumber daya alam dan diperoleh dari usaha manusia untuk dimanfaatkan lebih lanjut, misalnya kapas. 

Barang setengah jadi adalah bahan baku  yang diolah atau tidak diolah yang dapat dijadikan sebagai sarana produksi, dengan kata lain telah memiliki nilai guna misalnya benang. 

Barang jadi adalah barang hasil industri yang sudah siap pakai untuk konsumsi, misalnya pakaian.

Proses produksi tersebut tentunya membutuhkan faktor-faktor produksi. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi hasil akhir dari proses produksi tersebut. Faktor-faktor produksi tersebut yaitu :
1. Sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang telah disediakan oleh alam yang dapat digunakan oleh manusia.
2. sumber daya manusia yaitu tenaga kerja yang melakukan proses produksi.
3. sumber daya modal yaitu faktor produksi yang digunakan untuk proses produksi lebih lanjut.
4. sumber daya pengusaha yaitu sumber daya yang berperan mengkombinasikan semua faktor-faktor produksi dalam rangka meningkatkan nilai guna produk.

Begitu juga dengan proses produksi pakaian, baik itu kaos,jaket, sweater dlln,  Semua itu membutuhkan faktor-faktor produksi yang baik agar hasil yang didapatkan juga baik.
Proses produksi pakaian dimulai dari Design / Sketch - Pola Design-  Pembuatan Sampel -  Produksi Pola Design - Grading -  Marker Making - Cutting - Sorting / Bundling - Sewing / Assembling-  Inspeksi - Pressing / Finishing - Inspeksi Akhir – Packing.

Begitulah proses produksi kaos yang dilakukan oleh Gemma-Collection. Berikut aktivitas yang dilakukan dalam proses produksi tersebut 










Gemma-Collection siap menerima pesanan jaket, jumper, sweater dari sahabat-sahabat semua. Untuk bahan yang akan digunakan menyesuaikan dengan keinginan dari sahabat. info lebih lengkap silahkan kunjungi gemma-collection yogyakarta

0 komentar:

Post a Comment